Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cerita Dibalik Corn Flakes

siapa sih yang ngga tau corn flakes? yap, mungkin hampir semua orang pernah sarapan dengan sereal tipis yang dibuat dari jagung yang satu ini. makanan yang biasanya selalu dimakan dengan susu ini bisa dibilang sangat sehat karena kandungan seratnya yang  dapat memperlancar pencernaan.

                                                                       Corn Flakes

tapi tahukah kamu siapa yang pertama kali menemukan sereal yang sudah sangat mendunia ini?

ternyata yang pertama kali menemukan bukanlah seorang koki ataupun seorang ibu rumah tangga, tetapi secara kebetulan ditemukan oleh seorang dokter asal michigan, amerika bernama John Harvey Kellogg. 

                                                                John Harvey Kellogg

ceritanya dimulai saat abad ke 19, dimana gereja advent pada saat itu dikenal dengan komitmennya dalam menyampaikan pesan kesehatan yang merekomendasikan masyarakat untuk menjadi vegetarian dan mematuhi kosher laws yang berlaku dalam ajaran mereka. 

untuk mewujudkan hal tersebut,  dibentuklah sebuah kelompok yang dipimpin oleh John Harvey Kellogg untuk melakukan eksperimen pembuatan makanan baru untuk memenuhi aturan diet vegetarian yang berlaku.

pada awalnya banyak bahan makanan yang dicoba oleh kelompok tersebut, dari mulai gandum, beras, oat, dan jagung. hasil percobaan mereka pun mulai diujicobakan menjadi makanan pasien di The Battle Creek Sanitarium di Michigan.

namun penemuan corn flakes sendiri berawal dari ketidaksengajaan, pada suatu hari John Harvey Kellogg beserta adiknya tidak sengaja meninggalkan gandum yang sedang dimasak ke ruangan lain dalam waktu yang cukup lama, saat mereka kembali mereka baru sadar bahwa gandum tersebut sudah terlanjur basi.

melihat budget yang mereka miliki sangat terbatas, mereka memutuskan tidak membuang gandum basi tersebut tetapi menggilingnya dan menjadikannya sebuah adonan. agar tidak terlalu mencolok, adonan tersebut akhirnya dibuat menjadi serpihan dan kemudian dipanggang. hasil panggangan inilah yang akhirnya disajikan untuk para pasien di rumah sakit tersebut.

ternyata makanan tersebut justru menjadi sangat populer di kalangan pasien dan permintaan untuk makanan tersebut pun sangat tinggi bahkan hingga lingkungan luar rumah sakit tersebut, melihat hal itu John Harvey Kellog memutuskan untuk membuat perusahaan untuk memporoduksi masal cornflakes tersebut yang kemudian diberi merk dagang kellogg's corn flakes

                                                               Kellogg's Corn Flakes

dia pun membuat inovasi dengan menambahkan berbagai variasi seperti menambahkan taburan gula agar dapat lebih memasyarakat, dan benar saja, cornflakes ini dengan cepat menjadi populer di masyarakat secara turun-temurun sebagai "sarapan sehat" bahkan hingga hari ini.




* Sumber Gambar :
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6a/Cornflakes_in_bowl.jpg
http://catalystfitness.typepad.com/.a/6a00e554f403b68834011278fc60b828a4-500wi http://www.nndb.com/people/018/000133616/john-harvey-kellogg-1-sized.jpg



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar